10.04.2013

Cara Mengatasi Bluetooth di windows 8

         Share tutorial nih. . .  bagi anda yang mengalami masalah seperti saya kemaren ganti os windows 7 ke windows 8 ternyata bluetooth tidak jalan instal driver juga tidak mempan, saya menggunakan laptop Toshiba satellite L745 dan saya otak-atik sekian hari di laptop saya dan akhirnya berhasil juga. Di windows 8 ini anda tidak usah meninstal driver Bluetooth alias bluestack, karana bluestack hanya untuk window 7, untuk itu anda tidak usah download driver Bluetooth karna windows 8 sudah menyediakanya.


 Langsung saja Untuk mengaktifkan Bluetooth di windows 8 ikuti langkahnya di bawah.

Pertama anda tekan Fn+F8 di keyboard dan langsung Bluetooth telah on, dan akan tampil icon di taksbar seperti gambar di bawah :


Bila anda belum muncul icon Bluetooth, restart laptoopnya. Bila restart juga belum muncul iconya coba ikuti langkah di bawah ini:
Pertama buka taks manager dengan klik kanan pada taskbar > taks manager


Selanjutnya pilih services > cari bthserv, bila statusnya stopped ganti menjadi Running, dengan klik kanan > start, lihat pada gambar di bawah


1.    Selanjutnya restart laptop anda, dan icon Bluetooth di taskbar akan muncul, Bila tidak muncul juga restart lagi.

1.    Cara mencari perangkat Bluetooth

           Untuk mengirim file atau menerima file anda harus mencari perangkan Bluetooth lain dulu sebelum mengirim atau menerima file, dengan cara di bawah :
Pertama klik kanan icon Bluetooth di taskbar > add a Bluetooth device. Aktifkan dulu perangkat Bluetooth lain, seperti Bluetooth Hp, laptop lain dan yang lainnya



      
    Selanjutnya otomatis akan mencari Bluetooth yang telah aktif akan terbaca oleh laptop anda, lihat pada gambar di bawah.



     Klik nama Bluetooth yang mau anda tambahkan, bila ada perintah untuk memasukan kode, masukan saja kodenya, selanjutnya akan tampil seperti gambar di bawah ini:

      


Nahh. . . sekarang anda sudah berhasil menambah perangkat Bluetooth lain ke dalam laptop anda.

2.     Cara menerima file dari perangkat Bluetooth lain ke laptop anda

Pertama klik icon pada taskbar > klik kanan > received a file,





Selanjutnya akan tampil seperti gambar di bawah, dan siap untuk menerima file lewat bluettoth









Sekaran anda sudah menerima file yang telah dikirim lewat Bluetooth.

3.  Mengirim file lewat Bluetooth

Pertama klik icon bluetooth pada taskbar > klik kanan > send a file.




Selanjutnya pilih perangkat Bluetooth yang ingin anda kirim, dan centang use authentication dan pilih next, lihat pada gambar.




Selanjutnya, klik browser > pilih file yang ingin dikirim > pilih open > next.



Tunggu hingga proses selesai dan klik finish bila selesai.

4. Cara yang lain menerima & mengirim file

Pertama buka Run dengan  klik start+R pada keyboard > ktik fsquirt > Ok


Akan muncul seperti gambar di bawah:


Send files untuk mengirim file, dan Received files untuk menerima file

Itu saja tutorial dari saya semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda, untuk lebih lanjut silah kan komentar saja.

26 komentar:

  1. gan,, kok tetep gk bisa ya,,, Laptop saya toshiba satellite L 735,, berulang kali saya coba tetep gak bisa,,, saya menggunakan wind 8 pro,,, saya sudah download atheros bluetooht sm bluestack,,, mohon sarannya gan,,,

    BalasHapus
  2. @Faisal: mungkin ada yang bisa & ada yang kagak bisa, untuk sementara win 8 belum tersedia driver untuk bluetooth, tunngu aja drivernya.

    BalasHapus
  3. saya juga gk bisa L745 jg , kira2 kl ubah pake windows 7 kelihatan lg gk bluetooth nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ane coba sisth, krn win 8 ane sdh ane Genuine kan
      .. hehe

      Hapus
  4. pengalaman waktu itu gw doble boot dg linux, pas gw masuk Win8 ternyata bluetooth jalan, tpi dengan settingan di atas......

    BalasHapus
  5. yang paling peting masuk task manager, bthsrv, di runningkan. dan berhasil terimakasih gan :D

    BalasHapus
  6. @Harjanto: iya gan, sama-sama.

    BalasHapus
  7. @Melani: Kalau pake windows 7 bisa, karna driver'y sudah ada, tpi untuk windows 8 masih belum keluar driver'y,...

    BalasHapus
  8. Gan, saya sebelumnya bisa ngirim file lewat bluetooth,, tpi sejak laptop saya bermasalah jadi ga bisa,,, apa yang salah ya,,, tutorial diatas sudah aqu coba tetap ga bisa,, kecuali pake cara kedua bisa....
    car agar cara pertama bisa lagi gimana yah....
    terima kasih

    BalasHapus
  9. coba bluetooth'y harus startup, bila msh gx bisa mungkin di services fitur bluetooth'y di mati'n atau status'y stoped, kemungkinan ketiga pengaturan bluetooth'y terubah, gara2 laptop agan bermasalh atau file'y terhapus, bila cara di atas ttp tdk bisa, lakukan ajah system restore pada waktu sebelum laptop agan bermasalh.

    BalasHapus
  10. Makasih gan walaupun cara setingan diatas kagak bisa soalnya pas dklik icon bluetooth ngga ada option "send a file / receive a file" tapi ane pakek "fsquirt" dg menu run Alhamdulillah bisa sekali lagi makasih banyak gan.. ^^

    BalasHapus
  11. gan punya saya kok gak bisa ya Laptop Saya HP pavillion gseries ? tolong pencerahannya donk. hidup saya hampa bila tidak ada bluetooth siapa tahu bluetooth ini bisa menolong saya jika saya mau nyari tugas sedang modem saya qoutanya habis tapi masih punya hand phone jadi cari tugasnya bisa lewat hp jadi bluetooth ini jadi penolong utama saya gan kira kira ada cara lainnya gak? tolong bantuannya ya.

    BalasHapus
  12. @Nugroho: Ganti os'y jh ke windows 7 gan, banyak kq buat driver bluetooth'y....

    BalasHapus
  13. Gan laptop saya juga seperti itu dimana bluetooth nya tidak dinyalakan / dimatikan alias switch tidak geser kiri-kanan. Laptop sy ASUS A450CA-WX104D instal windows 8. Sebelumnya dengan windows 7 juga error

    BalasHapus
  14. utk win 7, dibutuhkan 2 driver bluetooth utk menjalankan'y,

    BalasHapus
  15. Gan. Punya ane juga l745
    Tapi tetep saja ngk bisa agan.
    Agan dulu instal drivernya juga apa ngerubah btjserv gan

    BalasHapus
  16. maaf mau nanya, biasanya kan saya kalau mau ngirim file handphone pake klik kanan > send to terus muncul lambang bluetooth itu, tapi ga tau kenapa baru- baru ini pas saya mau ngirim file ke handphone pake klik kanan itu kok enggak muncul lambangnya? padahal kan bluetoothnya saya on terus, kira-kira kenapa ya? mohon di jawab

    BalasHapus
  17. Sangat bermanfaat.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  18. Gan tolong bantuanya pas saya kelik Add a Bluetooht Device Bluetooht hp saya gak terdeksi No Device found..

    BalasHapus
  19. Halo Agan Eira Rahmat, saya ada masalah dengan bluetooth laptop. Windows 8, driver yang terinstall sdh dari pas saya beli tp ttp gak bs dipakai bluetoothnya. Apakah mengupgrade drivernya penting? Saya belum bs menemukan solusi.. trima kasih seblumnya

    BalasHapus
  20. tetep gk bisa ? udah ane running trus ane restart eh balik lagi ke stop ? trus imana dong ?

    BalasHapus
  21. laptop saya Dell Inspiron 14 3000 Series, asli Windows 8.1. tadinya saya ingin menggunakan bluetooth karena ngelag saya ctrl+alt+del lalu saya endtask 2program yang berhubungan dengan bluetooth (Bttray dan 1 lg sy lupa) pada "Background Processes". Setelah itu, bluetooth tdk bisa digunakan. Biasanya pada saat ingin mengirim terdapat tulisan bluetooth ini tidak ada lg, dan setip saya membuka PC Settings pd bagian bluetooth tdk mau dibuka samasekali. Tau kenapa ga ya?

    BalasHapus
  22. Punya udah running tapi icon bluethoot masih belum muncul juga.sudah saya restart berulang kali tetep ndak muncul gan.tolong pencerahannya gan

    BalasHapus
  23. Udah di start untuk running tapi pas di restart balik jadi stopped lagi.. Gimana ya? Mohon bantuannya

    BalasHapus